Fenomena Earworm : Mengapa lagu terssebut selalu di kepala kita?

Tadi pagi ketika saya sedang bersantai ria menikmati udara pagi di pegunungan yang sejuk seperti biasa, tiba-tiba saya mendengar suara musik kencang yang di putar oleh tetangga saya, berulang-ulang pula. Sebenarnya saya sangat tidak menyukai lagu tersebut, tetapi tidak enak buat menegurnya. karena terpaksa saya mendengarkan, anehnya otak saya merespon dengan tanpa sadar mengulang-ulang lagu tersebut di kepala saya, dan tanpa saya inginkan lagu tersebut terus menemani aktivitas saya di hari itu, hari berikutnya, dan berikutnya, dan berikutnya, dan.... ah saya lupa.

sebenarnya apa yang terjadi dengan otak saya? mengapa lagu tersebut selalu dikepala kita? padahal sangat mengganggu.

Oke, akhirnya saya menemukan jawabanya, Saya sedang mengalami Earworm atau terkadang disebut juga Brainworm. ini bukan berarti otak atau telinga kita ada cacingnya ya J

Earworm adalah sebuah fenomena terperangkapnya potongan musik yang dimainkan secara berulang oleh otak kita meskipun musik tersebut tak lagi dimainkan. Sebutan-sebutan lain untuk mendeskripsikan earworm adalah musical imagery repetition, involuntary musical imagery, and stuck song syndrome. Dalam psikologi musik, earworm dikenal juga sebagai musical hallucinations. dan ternyata ada studi yang menyebutkan bahwa setidaknya 92% orang-orang melaporkan bahwa mereka mengalami permasalahan ini setidaknya sekali bahkan lebih dalam seminggu.


Lalu bagaimana cara mengatasi earworm?

menurut penelitian dari Western Washington University, cara menghentikan earworm adalah dengan melakukan tugas-tugas yang agak sulit untuk otak kita seperti bermain anagram, sudoku, puzzle atau dengan membaca novel. Atau hal yang paling sederhana menurut riset dari Scholl of Psychology and Clinical Language Sciences di University of Reading yang mengatakan bahwa mengunyah permen karet ternyata juga  bisa membantu meringankan earworm.

ternyata fenomena psikologi ini cukup mudah dihilangkan ya sahabat. semoga artikel mengenai fenomena earworm ini dapat menjawab pertanyaan sahabat tentang mengapa lagu tersebut selalu dikepala kita.


Salam.
Sahabat Inspirasi

Referensi :


SHARE

Hendri Triwanto

Hi, Saya Hendri Triwanto, seorang newbie di dunia Blogging yang ingin terus belajar dan berbagi ilmu.

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar